Apapun pekerjaan yang kita lakukan secara terus menerus, ujung-ujungnya pasti akan menimbulkan rasa jenuh, termasuk ngeblog atau mengisi konten blog kita dengan tulisan yang bernas, menarik dan menginspirasi pembaca. Kejenuhan yang dirasakan itu berakibat pada mulai surut atau menurunnya konsentrasi dan inspirasi, yang bila tetap dipaksakan berakibat juga menurunnya nilai dari artikel yang disajikan.

Lalu apa yang akan kita lakukan bila menghadapi situasi yang seperti ini? Beberapa tips yang ada dibawah ini mungkin bisa membantu Anda untuk mengatasi masa-masa jenuh ngeblog Anda.

  1. Hal yang paling sederhana adalah, matikan komputer atau laptop Anda, lalu berjalanlah keluar rumah. Nikmati suasana luar rumah walaupun bagaimana bentuk dan keadaannya. Berjalanlah disekitar rumah Anda, seandainya ada taman itu akan lebih baik lagi bermainlah di sekitar taman Anda, cukup dengan melihat dan mengamati keindahannya.
  2. Duduk di depan komputer dalam jangka waktu yang lama, pasti akan membuat sekujur tubuh Anda juga tidak akan nyaman. Tinggalkan untuk sementara waktu komputer Anda, lalu lakukan senam beberapa menit. Bisa dalam bentuk senam aerobic, atau kalau Anda menguasai atau setidaknya mengerti sedikit tentang yoga, lakukanlah latihan yoga Anda.
  3. Bila Anda punya waktu yang cukup luang, pergilah keluar rumah. Jangan gunakan kendaraan Anda, tapi cukup dengan berjalan kaki, atau kalau ingin yang agak jauh, naikilah kendaraan umum. Dengan berjalan Anda akan menemukan suasana yang berbeda, suasana yang berbeda ini akan menimbulkan inspirasi baru bagi Anda. Nutrisi otak dan hati Anda akan kembali terisi dengan hal-hal baru yang mungkin tidak terbayangkan sebelumnya, dan itu akan menjadi sumber inspirasi baru untuk tulisan pengisi blog Anda.
  4. Bila Anda pecinta olahraga, lakukanlah kegiatan olahraga Anda. Dengan berolah raga, keringat akan keluar, lemak-lemak yang bersarang dalam tubuh akan terbakar, badanpun akan terasa enteng dan segar. Dengan sendirinya, rasa jenuh yang tadinya bersarang dalam diri Anda, akan berganti dengan semangat baru.
  5.  Jika Anda punya hobby lain, lakukanlah kegiatan yang sesuai dengan hobby Anda. Apapun kegiatan yang dilakukan sesuai dengan hobby pasti akan dilakukan dengan penuh semangat. Semangat yang tumbuh ini, akan menghilangkan kejenuhan yang Anda alami saat duduk di depan komputer tadi.
  6. Bila Anda telah berkeluarga dan punya anak, bermain dengan anak-anak adalah obat pembunuh kejenuhan. Ikuti apa maunya anak, belajarlah kembali seperti anak-anak tanpa memaksakan apa yang Anda inginkan, tapi ikutilah keinginan si anak dalam bermain, nikmati dengan suasana hati gembira. Jangan mengguruinya, karena bila Anda mengguruinya dan anak Anda tidak melaksanakan dengan baik, itu malah akan membuat Anda jadi tidak nyaman, emosional atau yang lebih parah Anda jadi stress.
  7. Carilah teman ngobrol yang Anda sukai, yang punya wawasan luas dan bisa diajak ngobrol tentang apa saja yang lagi berkembang di sekitar Anda atau dunia yang kalian geluti. Teman yang bisa menginspirasi akan mengisi nutrisi otak dan hati kita. Berkunjung ke rumah teman juga akan mempererat tali silaturrahim, saling curhat juga akan membebaskan kita dari emosi dan aura negatif yang terpendam dalam hati. Sehingga saat kembali kerumah kita sudah dalam keadaan membawa semangat baru.

Inilah tujuh kegiatan yang sering saya lakukan bila saya dalam keadaan badmood atau sedang jenuh nongkrongi komputer atau laptop. Alhamdulillah, kejenuhan yang menyerang bisa hilang, dan inspirasi barupun datang. Sebagai fotografer, saya juga sering berburu foto sendirian untuk menghilangkan kejenuhan di depan komputer itu.


read more