Alfamart Hibahkan Alfamart Class di SMK Avicena, Tenjo, Bogor

Sebuah ruangan berukuran sekitar 6 x 8 meter yang telah berisi lengkap dengan beraneka ragam barang dagangan layaknya sebuah mini market, kamarin diresmikan di komplek SMK Avicena, Tenjo, Bogor. Rabu (10/05/2017).

Mini market ini, disamping melayani warga sekitar Tenjo juga merupakan laboratorium class bagi para siswa Avicena untuk belajar secara langsung bagaimana manajemen sebuah toko retail modern. Sehingga saat mereka lulus nanti mereka tidak bingung lagi seandainya bekerja pada sebuah supermarket atau bagi yang ingin membuka toko sendiri.

Kehadiran mini market Alfa Mikro ini merupakan hibah CSR dari PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (pengelola jaringan Alfamart Alfamidi) kepada SMK Avicena. Peresmian program Alfamart Class ini merupakan yang ke-160 di seluruh wilayah Tanah Air. Peresmian Mini market bernama Alfamikro tersebut dilakukan dengan pengguntingan pita oleh ketua Yayasan Avicena Dr. Romsyah

Menurut Koordinator Pengawas SMK Wilayah 1 Dinas Pendidikan Provisi Jawa Barat Endah Krismani, program Alfamart Class ini bentuk inisiatif yang baik dari perusahaan swasta untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

“Selain industri, masih banyak potensi bisnis yang bisa berkembang di Kabupaten Bogor, dan potensi lulusan SMK di daerah ini cukup besar untuk mendukung perkembangan bisnis ini,” ucapnya

Menurut dia, untuk menjadi tenaga kerja siap pakai masih dibutuhkan bimbingan dari pelaku bisnis agar siswa memiliki keterampilan dan pengetahuan yang sesuai dengan kebutuhan industri.

“Peran serta pelaku bisnis sangat dibutuhkan untuk membantu lulusan SMK agar memiliki daya saing tinggi, terampil dan siap bekerja di dunia industri,” katanya.

Hal senada disampaikan Kepala SMK Avicena Iwan Setiawan. Dia menuturkan, program Alfamart Class ini memfasilitasi para lulusan SMK, terutama yang memiliki minat di bidang ritel. Nantinya mereka dapat bekerja di jaringan Alfamart atau jika mereka ingin berbisnis ritel, mereka sudah dibekali ilmu yang memadai.

Dalam sambutannya, Branch Manager Alfamart Balaraja Yosef Risdianto menjelaskan, industri ritel membutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam jumlah besar. “Industri ritel adalah industri padat karya, sebab pelayanan yang
diberikan dilakukan oleh manusia, bukan didominasi oleh mesin. Namun untuk menemukan SDM yang mengerti fungsi dan perannya di bidang ritel tidak mudah. Alfamart Class ini diharapkan dapat membantu pemenuhan kebutuhan SDM ini, serta mempersiapkan tenaga kerja siap pakai,” jelasnya.

Diharapkan, program ini mampu meningkatkan kualitas lulusan SMK. “Alfamart Class diharapkan mampu menjadi solusi yang menguntungkan bagi berbagai pihak. Di satu sisi kami membantu menyediakan lapangan kerja bagi lulusan SMK, di sisi lain kami juga mendapat tenaga kerja yang kompeten yang mampu menjawab kebutuhan perusahaan,” tuturnya.

 

 

 


Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *