Berbagi Ilmu SEO Masterpiece Bersama DewaSeo

Para peserta, Nara Sumber dan tuan rumah, setelah acara usai

Para peserta, Nara Sumber dan tuan rumah, setelah acara usai

 

Sebuah inbox masuk di akun Facebook saya. Isinya udangan untuk mengikuti Kopdar Diskusi dan Workshop SEO Masterpiece untuk UKM dan Bisnis Lokal yang dikirim oleh bung Ardi Gunawan, Pimpinan Dewa Seo. Sebuah perusahaan Konsultan Internet dan Online Marketing di Bandung. Saya menyambut antusias undangan tersebut, karena sudah lama saya memimpikan hal ini. Belajar online marketing dan memanfaatkan optimisasi mesin pencari alias SEO, Search Engine Optimization.

Agar tidak ketinggalan acara bila saya berangkat pagi dari Tomang, karena sudah di wanti-wanti agar on time di tempat jam 9 pagi hari Sabtu 22 Februari lalu, maka saya lalu mengantisipasinya dengan berangkat Jum’at sore. Lalu menginap di tempat kostnya sahabat karib saya Hadi Samsul, di jalan Surapati Bandung.

Kang Argun saat pembukaan Workshop

Kang Argun saat pembukaan Workshop

Setelah sarapan nasi kuning yang dibelikan rekan Hadi Samsul, jam 7.30 saya berangkat naik angkot ke Dago, dari Dago nyambung lagi naik angkot jurusan ke Kebon Kelapa. Sampai di ITC Kebon Kelapa dimana Dewa Seo berkantor, jam 8.15. Saya belum bisa masuk ke Gedung ITC karena pintu utamanya belum di buka. Sambil duduk menunggu pintu di buka, saya sempatkan memotret gedung ITC untuk update status di FB.

Fahmi tengah menyampaikan Presentasinya

Fahmi Rizwansyah tengah menyampaikan Presentasinya

 

 

Jam sembilan kurang pintu dibuka, saya lalu masuk dan langsung menuju lantai dua. Walau sudah pernah datang ke sini 26 September lalu, saya masih kesulitan mencari dengan tepat kantor Dewa Seo ini, karena saya lupa nomor tempatnya, sehingga saya harus berputar-putar beberapa kali sebelum menemukan lokasi keberadaan Dewa Seo ini.

Setelah menemukan tempatnya, saya langsung masuk. Saya bertemu Nchie Hanie, satu-satunya tuan rumah yang sudah datang dan sedang sibuk mepersiapkan segala sesuatunya. Tak lama berselang para staf Dewa Seo berdatangan, begitu juga para peserta workshop. Kang Argun, panggilan akrab Ardi Gunawan Owner Dewa Seo datang bareng bersama Fahmi Rizwansyah, sang nara sumber yang akan membagi ilmunya hari itu.

Sebagian peserta workshop

Sebagian peserta workshop

Jam sepuluh lewat beberapa menit, Kang Argun membuka acara Workshop bertajuk SEO Masterpiece untuk UKM dan Bisnis Lokal itu.

Tampil di depan kelas, Fahmi langsung menyentak peserta dengan prensetasinya yang berisi pertanyaan: Kenapa Pemasaran Online? yang kemudian di jawabnya dengan beberapa point

– Dapat dilakukan di mana saja

– Menjangkau Pasar yang lebih luas.

– Mengenalkan ke banyak orang.

– Bisa Dilakukan Oleh Siapa saja, termasuk oleh orang-orang yang katanya tidak bisa menjual atau berdagang.

 

Serius

Tema yang menarik yang membuat peserta serius mengikuti

Pada pertanyaan selanjutnya Fahmi mengungkapkan: Apa saja yang bisa di Pasarkan?

Semua produk bisa di jual, apapun bentuknya:

Produk Fisik / Digital: Bakpia, keranda jenazah, ebook, themes, plugin, tools, dsb

Jasa: Penulisan artikel, desain logo, fotography, MC, sol sepatu, kuras WC

Konsultasi: Hypnoterapi, Kepenulisan buku, management,Watch Full Movie Online Streaming Online and Download

Social Movement: wakaf, sedekah, donasi, organisasi, dsb

 

Fahmi bersama staf Dewa Seo

Fahmi bersama staf Dewa Seo

Rasanya akan terlalu panjang artikel ini bila saya harus ungkapkan semuanya. Namun secara garis besarnya dalam melakukan bisnis di dunia online, banyak hal yang bisa kita pelajari. Diantaranya bagaimana kita memikirkan dan membaca pasar produk yang akan kita jual. Teliti, Seksama dan Cermat dalam membaca data potensi pasar.

Dalam Workshop sehari ini, juga di jabarkan bagaimana memanfaatkan Keyword Planner in SEO. Pastikan mendapatkan kata kunci yang tepat untuk disampaikan di website. Hubungan antara keinginan pengunjung dengan isi website kita. Google Quality Score. Gambaran Kompleksitas Bisnis. SEO dan Conversion.  Juga disampaikan bagaimana membangun sebuah Links. Jenis Links. Mengapa Links itu penting. Hal yang perlu diingat tentang Links.  Link Quality dan Popularity dan Cara membangun Liks.

Ikutan nebeng ah...

Ikutan nebeng bersama Nchie Hanie dan Fahmi Rizwansyah

Lalu bagaimana cara memasarkan produk yang ingin kita jual? ada beberapa hal yang bisa kita lakukan:

– Membuat Peta Lokal Bisnis di Google Maps

– Buat Halaman Facebook

– Buat Group Diskusi

– Buat Blog

– Buat akun Twitter

– Upload Video di Youtube

– Buat Presentasi

 

Santai sejenak

Santai sejenak

Betapa banyak hal yang bisa kita buat dalam memasarkan dan menjual produk yang kita miliki, kata kuncinya hanyalah: Kreatifitas tanpa batas!

Hangatnya diskusi dalam workshop yang hanya berlangsung sehari ini, membuat waktu berjalan tak terasa. Suasana yang nyaman, kesamaan ide yang membuat diskusi seakan sulit untuk di hentikan. Juga staf Dewa Seo yang sigap membantu hal-hal kecil yang dirasa kurang, terasa menenteramkan hati. Sehingga ilmu yang didapat hari itu begitu berharga. Bagi saya pribadi, acara ini membuat saya semakin haus akan ilmu yang bermain disekitar dunia maya ini. Semoga saja masih ada kesempatan memperdalanya lagi suatu saat nanti.

 


5 Comments

  1. si ayah memang paling pinter merangkum semua materi yg disampaikan, langsung dipraktekkan sekalian, ok ayah dian?

  2. mau dateng tapi terlambat bangun 😀

  3. Baru sempat posting Ade, pulang dari Bandung kerjaan nggak bisa di tinggal. Baru dari semalam begadang sampai pagi nulis, ngedit foto dan posting.

    Terima kasih telah berkunjung
    Salam

  4. Sayang banget Red, padahal materinya bagus banget, bikit semangat makin tinggi…

    Terimakasih telah berkunjung
    Salam

  5. PAstinya sangat bermanfaat ya Yah
    seneng deh bisa bergabung dengan para Imer 🙂

    moga bisa ketemu Ayah lagi di event yang lain

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *