Berkat Kesiapannya, Indosat Berhasil Tingkatkan Pelayanan Selama Lebaran

SNOC Indosat Serpong

Kesiapan Indosat dalam menyediakan kapasitas jaringan selama masa mudik Lebaran 2012 telah berhasil melayani pelanggan dengan baik dan lancar selama masa-masa kenaikan trafik telekomunikasi. Masa-masa kenaikan trafik berkomunikasi yang cukup tinggi, baik suara, SMS dan data, dapat diantisipasi dan dikontrol dengan baik berkat berbagai kesiapan jaringan, termasuk dengan hadirnya pusat pemantauan jaringan yaitu Command Center selama H-3 dan H+2 yaitu pada 16 – 21 Agustus 2012, serta berbagai pusat dan titik layanan pelanggan, sehingga pelanggan dapat mendapatkan berbagai solusi layanan Indosat dengan mudah baik di jalur mudik maupun daerah-daerah tujuan mudik.

Kenyamanan dan kelancaran berkomunikasi selama masa mudik pelanggan menjadi perhatian Indosat setiap tahun. Kenaikan trafik yang selalu terjadi setiap tahun memberikan pengalaman bagi Indosat untuk bisa mengantisipasi dan mempersiapkan jaringan dan layanan menjadi semakin baik bagi pelanggan sehingga mereka tetap dapat menikmati layanan berkualitas.

Kesiapan jaringan dilakukan dengan meningkatkan kapasitas trafik suara menjadi 924 juta menit/hari, peningkatan sebesar 140,6% dibanding trafik regular hari biasa. Untuk SMS, Indosat meningkatkan kapasitas menjadi 1,4 Milyar SMS/hari, yakni peningkatan sebesar 62,41% dibanding trafik regular hari biasa, sementara untuk data, Indosat meningkatkan kapasitas menjadi 120 Terabyte/hari, yakni peningkatan sebesar 197,5% dibanding trafik regular hari biasa.

Secara umum kenaikan trafik telekomunikasi Indosat terjadi di semua jenis layanan baik layanan suara, SMS maupun data dengan trafik data yang meningkat dengan pesat. Trafik data sendiri mengalami puncak kenaikan pada hari H-1 yang meningkat menjadi 44,58 Terabyte/hari atau melonjak 30,24% dibanding trafik data regular sebelum Ramadhan yaitu pada Juni 2012. Bila dibandingkan dengan musim Lebaran tahun lalu pada hari yang sama, secara keseluruhan trafik data mengalami kenaikan sebesar 59,97%.

Lonjakan lainnya terjadi pada layanan SMS. Khusus untuk trafik SMS kenaikan tertinggi terjadi pada hari H-1 yang meningkat menjadi 1,025 juta SMS atau naik sebesar 32% dibanding trafik SMS regular sebelum Ramadhan yaitu pada Juni 2012. Sementara bila dibandingkan dengan trafik pada hari yang sama Lebaran tahun sebelumnya, mengalami peningkatan sebesar 14%.

Sementara untuk suara, kenaikan trafik suara tertinggi terjadi pada H yang meningkat menjadi 410,37 juta menit atau naik sebesar 23,3% dibanding trafik suara regular sebelum Ramadhan yaitu pada Juni 2012. Secara keseluruhan trafik suara meningkat menjadi 12,31% dibandingkan dengan trafik suara pada hari yang sama Lebaran tahun sebelumnya.

Tingkat keberhasilan pengiriman SMS antar pelanggan Indosat mencapai lebih dari 96%  dan tingkat keberhasilan pengiriman SMS ke antar operator mencapai sekitar 94%  yang berarti tidak ada permasalahan yang signifikan dalam pengiriman SMS baik internal di jaringan Indosat maupun eksternal ke operator lain. Sementara tingkat keberhasilan panggilan suara mencapai 94,5% dan data mencapai 99%.

Walaupun kenaikan trafik terjadi di semua wilayah atau daerah tujuan mudik, namun khusus trafik suara, kenaikan tertinggi terjadi di wilayah Jawa Barat,  Jawa Tengah, Sumatera Utara dan Sumatera Selatan, sedangkan daerah Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Sumatera Selatan merupakan wilayah yang mengalami kenaikan trafik SMS tertinggi.

 


Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *