49 Tahun Indosat Ooredoo Jadi Penghubung Nusantara

Saya begitu bersemangat saat mendatangi kantor pusat Indosat Senin pagi lalu. Karena pagi itu kami diundang untuk merayakan ulang tahun Indosat ke 49. Sebagai blogger yang aktif sejak 2009, sudah tidak tehitung lagi acara Indosat yang saya ikuti. Di Jakarta, Jabodetabek maupun ke daerah. Ikatan kerja walaupun sifatnya insidentil, sudah menjadikan saya merasa terikat secara emosional dengan IndosatOoredoo.

Saya sampai di podium kantor pusat IndosatOoredoo tepat jam 09.00. Beruntung acara belum dimulai, tapi suasana lantai dasar podium, dimana acara dilaksanakan sudah cukup ramai oleh undangan. Setelah mengisi registrasi, saya lalu mulai bergerilya melihat suasana lantai dasar podium IndosatOoredoo yang hari-hari biasanya adalah pusat pelayanan pelanggan IndosatOoredoo yang pagi itu disulap menjadi tempat acara ulang tahun IndosatOoredoo.

Tengah asyik menikmati suasana tempat acara, MC pun membuka acara dengan acara utama pidato ulang tahun dari Presiden Direktur Indosat Ooredoo Alexander Rusli. Selesai pidato acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng yang potongan pertamanya diberikan kepada Basuki, pelanggan paling setia dengan Indosat yaitu 19 tahun, seorang pengusaha di Jakarta.

 

img_9452aaa

Sedikit sejarah Indosat Ooredoo.

49 tahun bukanlah waktu yang pendek bagi sebuah perjalanan sebuah perusahaan. Masa-masa sulit, jatuh bangun tentulah pernah mereka rasakan di tengah persaingan bisnis yang ketat, memperebutkan 250 juta pelanggan di seluruh Indonesia. Setahun lagi, IndosatOoredoo akan menjelang ulang tahun emasnya. Sedikit sejarah IndosatOoredoo dapat kita lihat disini yang saya sadur dari Wikipedia.

Indosat didirikan pada tahun 1967 sebagai sebuah perusahaan penanaman modal asing pertama di Indonesia yang menyediakan layanan telekomunikasi internasional melalui satelit intenasional. Seiringnya waktu Indosat berkembang menjadi perusahaan telekomunikasi internasioanl pertama yang dibeli dan dimiliki 100% oleh Pemerintah Indonesia. Pada tahun 1994 Indosat menjadi perusahaan publik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan New York Stock Exchange, Pemerintah Indonesia 65% dan publik 35%.

 

img_9459aaa

Indosat mengambil alih saham mayoritas Satelindo dan SLI di Indonesia lalu mendirikan PT Indosat Multimedia Mobile (IM3) sebagai pelopor jaringan GPRS dan layanan multimedia. Pada tahun 2003 Indosat bergabung dengan tiga anak perusahaan, yaitu : Satelindo , IM3 dan Bimagraha untuk membentuk operator seluler di Indonesia.
Indosat mendapatkan lisensi jaringan 3G dan memperkenalkan layanan 3,5G di Jakarta dan Surabaya. Pada tahun 2009 Qtel membeli saham seri B sebanyak 24,19% dari publik sehingga menjadi pemegang saham mayoritas Indosat dengan kepemilikan sebesar 65%. Pada tahun yang sama Indosat memperoleh lisensi tambahan frekuensi 3G dari Kementrian Komunikasi dan Informatika serta memenangkan tender untuk lisensi WiMAX yang diadakan pemerintah.
Setahun kemudian, Indosat melakukan transformasi untuk menjadi perusahaan yang lebih fokus dan efisien dengan restrukturisasi organisasi, meodernisasi dan ekspsi jaringan seluler serta inisiatif untuk mencapai keunggulan operasional. Perubahaan terjadi pada tahun 2012, saat Indosat mencapai 58,5 Juta pelanggan yang didukung oleh peningkatan jaringan serta inovasi produk.

Pada tahun 2013, Indosat mengadakan komersialisasi jaringan 3G di frekuensi 900 MHz. Setahun berikutnya Indosat melakukan peluncuran dan komeralisasi layanan 4G di 900 MHz dengan kecepatan hingga 42 Mbps di beberapa kota besar di Indonesia. Pada tahun 2015, Indosat resmi berganti nama menjadi Indosat Ooredoo.

49 tahun sebagai penghubung komunikasi di seluruh nsantara, IndosatOoredoo tentu telah mempunyai pengalaman yang banyak dalam memberikan pelayanan terbaik buat para pelanggannya. Semoga kedepannya akan semakin lebih baik dan lebh baik lagi. Sehingga tidak ada lagi daerah yang blankspot tidak terjangkau sinyal IndosatOoredoo.

Selamat untuk IndosatOoredoo. Kami para blogger yang setia dalam setiap perjalanan panjang IndosatOoredoo, tentu akan senantiasa membantu dan bekerja sama dalam menjembatani komunikasi IndosatO0redoo dengan para pelanggannya.

 

img_20161121_130411_188

 

img_20161121_105626

 

 

 


10 Comments

  1. Seru acaranya walaupun sederhana

  2. Jadi ingat waktu dapat job mereview Indosat
    Terima kasih diingatkan lagi
    Salam hangat dari Jombang

  3. Saya suka banget Indosat Ooredoo…. murah & cepat aksesnya.
    Semoga sukses, Indosat Ooredoo!!!!

    Btw, Pak Dian, saya paling suka baca reportase kegiatan teman semacam ini. Kadang ngarep ada di sana, tapi lihat posting teman yang bersemangat, saya merasakan atmosfer-nya

  4. Benar Ani, sederhana namun penuh makna

    Terimakasih telah berkunjung

    Salam

  5. Sering dapat job ya Pakdhe. Kita saling mengingatkan saja.
    Terimakasih telah berkunjung

    Salam hangat juga dari Jakarta

  6. Adalah suatu keberuntungan juga kita bekerjasama dengan Indosat. Sehingga kita sedikit banyaknya mendapat pengetahuan juga seputar perkembangan telekomunikasi di Indonesia.

    Anda juga bisa kok membuat reportase acara yang diikuti Susindra, nggak terlalu rumit kok.

    Terimakasih telah berkunjung

    Salam

  7. Aku belum pernah kerja bareng indosat yah. *ehh hihihi. Sederhana tp malah lebih akrab ya kelihatannya.

  8. Aku juga pelanggan setia indosat. Sejak SMA, tapi ganti2 nomer. Hehe
    Kalau yang lama, sudah mungkin 8 tahun-an yang terakhir ini.

  9. Saya yakin suatu saat nanti Lisna akan dicolek sama Indosat. Lihat saja nanti.

    Terimakasih telah berkunjung

    Salam

  10. Semoga tetap setia dengan Indosat ya Anita, karenasebgai blogger ada benefit lain yang juga kita terima dari Indosat

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *