Mengembalikan File Word Yang Lupa Disimpan

Sebagai manusia kita tidak pernah lepas dari yang sifatnya lupa, atau sebagai makhluk Tuhan kita tidak pernah lepas dari cobaan atau musibah. Mulai dari hal yang sederhana atau yang luar biasa.

Begitu juga halnya dengan pekerjaan kita sehari-hari sebagai penulis atau blogger, atau juga sebagai pekerja kantoran lainnya yang harus berhadapan dengan komputer dan pengetikan.

Dalam melaksanakan pekerjaan kita ini, tidak jarang kita mengalami musibah yang disebabkan oleh sifat manusia kita, yaitu lupa. Artikel yang sudah berisi tulisan sekian paragraf, atau laporan pegawai yang harus segera dikirim ke atasan atau pihak yang berwenang lainnya, lupa disimpan karena lupa atau ada gangguan lainnya seperti mati listrik, baterai laptop habis atau ada hal lain yang harus dikerjakan sehingga sejenak kita harus meninggalkan pekerjaan dan lupa menyimpan pekerjaan yang sudah dikerjakan.

Bagi yang pernah mengalami hal ini tentu sudah bisa membayangkan bagaimana rasanya dalam situasi seperti itu. Kesal, sebal atau penyesalan yang seakan tiada habisnya.

Untuk mengatasi hal tersebut, ada sebuah tip atau trik yang disediakan oleh Microsoft yang dapat kita manfaatkan yang selama ini mungkin belum diketahui. Bagimana caranya, mari kita lakukan…

 

1. Setelah komputer atau laptop Anda menyala, bukalah Microsoft Word.

2. Lalu klik menu File

3. Setelah itu klik Info

4. Selanjutnya klik kotak Manage Version berwarna kuning.

5. Setelah kotak dialog di bawahnya tampil, klik tulisan Recover Unsaved Documents

6. Kotak dialog Open akan terbuka, sebaris awal paragraf artikel Anda akan tampil di sana. Artikel ini belum bisa dibuka seperti  terlihat pada gambar di bawah, dimana dalam kotak bergaris merah tombol Open belum aktif

7. Anda harus mengklik tulisan awal paragraf artikel Anda yang berada di dalam kotak dialog yang kemudian secara otomatis akan berubah warnanya menjadi biru. Silakan klik tombol Open yang juga sudah aktif di bawah.

8. Nah, sekarang artikel Anda yang hilang itu sudah kembali ke rumahnya. Jangan gembira dulu! Biar si artikel nggak kabur lagi, buruan klik tombol Save As yang ada di balok peringatan berwarna kuning.

Selanjutnya kasih judul Artikel Anda dan simpan di My Document atau dimana saja Anda biasa menyimpan artikel atau dokumen Anda.

Selamat mencoba, semoga artikel ini bermanfaat…

 

 


Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *