Mengurus Pindah Sekolah Antar Propinsi, Gratis!

 

Ini pengalaman saya tahun lalu mengurus kepindahan sekolah anak saya Rizqy dari SD Tomang 03 Pagi ke SD Larangan Utara 8, Tangerang. Karena rumah yang kami tempati di Tomang mau di Renovasi oleh pemiliknya, maka kami harus mencari rumah pengganti dimana nanti kami akan tinggal. Jakarta tidak menjadi pilihan kami, karena harga yang tidak terjangkau oleh kemampuan finansial kami. Kalau dipaksakan, maka modal kami akan terkuras hanya untuk rumah, sementara modal untuk usaha semakin menipis.

Setelah mencari kesana kemari, akhirnya salah seorang saudara istri saya menawarkan rumah disekitar Ciledug, Tangerang. Kami setuju dengan rumah yang ditawarkan itu, dan kamipun pindah kesana. Urusan selanjutnya adalah memindahkan sekolah Rizqy ke tempat yang baru. Setelah mencari, kami menemukan sekolah dasar di Larangan Utara, yaitu Sekolah Dasar Larangan Utara 8. Pihak sekolah menawarkan kepada kami, apakah akan mengurus sendiri atau mau dibantu dalam pengurusannya. Kalau mau dibantu dia menyebutkan sejumlah angka tertentu sebagai biayanya.

Mengambil pengalaman dari saat saya mengurus sendiri peningkatan status rumah kami yang masih serifikat HGB untuk ditingkatkan menjadi Sertifikat Hak Milik, maka saya mengatakan bahwa saya akan mengurus sendiri perpindahan Rizqy. Pihak sekolahpun menyetujuinya dan memberikan bahan yang kami butuhkan dan alamat yang harus kami tuju.

Mengurus perpindahan dari Jakarta, saya lebih dulu mengambil berkas dari sekolah yang akan kami tinggalkan. Setelah lengkap saya disuruh ke dinas tingkat kecamatan yang berkantor di kantor Camat Grogol Petamburan, yang berada di Tanjung Duren. Selesai di Tanjung Duren, saya dibekali satu berkas surat pindah yang harus saya urus ke dinas Pendidikan Dasar di kantor Walikota Jakarta Barat. Disana berkas harus saya tinggalkan, karena banyaknya berkas pindah sekolah yang harus dikerjakan oleh petugas, saya disuruh datang esok harinya.

Besoknya saya kembali ke kantor dinas yang berada di kantor Walikota Jakarta Barat itu. Alhamdulillah sudah selesai. Karena perpindahan sekolah Rizqy sudah melewati dua propinsi, yaitu DKI Jakarta dan Banten, maka saya harus mengurus lagi ke tingkat dinas yang lebih tinggi, yaitu Dinas Pendidikan Dasar Propinsi DKI Jakarta, yang berada di Jalan Gatot Subroto, Kuningan, Jakarta Selatan.

Untuk menghindari macet disekitar jalan Gatot Subroto, esoknya saya berangkat lebih pagi, sekitar jam enam dari Tomang. Dengan menaiki bus Transjakarta, saya meluncur ke Kuningan, jalanan masih sepi, sehingga waktu tempuh bus yang saya tumpangi lebih cepat. Sehingga tidak sampai setengah jam saya sudah sampai di halte busway Kuningan Barat. Turun dari Busway, saya berjalan kaki menuju kantor Wilayah Pendidikan Dasar dan Menengah DKI Jakarta, yang hanya berjarak sekitar 300 meter dari halte busway.

Memasuki halaman Kantor Wilayah Pendidikan Dasar dan Menengah Propinsi DKI Jakarta yang masih sepi, maklum saja baru jam setengah tujuh, saya lalu menuju meja petugas keamanan, menanyakan dimana kantor tempat mengurus pindahan murid sekolah dasar. Petugas keamanan yang bertugas langsung menyebutkan lantai yang harus saya tuju, dan dia menambahkan mudah-mudahan petugasnya sudah ada.

Antara percaya dan tidak percaya, saya lalu menuju lift dan memencet nomor yang disebutkan tadi. Begitu sampai di lantai yang dituju dan berjalan ke ruangan yang disebutkan petugas tadi, saya melihat beberapa pegawai memang sudah mulai bekerja, padahal belum lagi pukul 07.00 pagi. Rupanya sang petugas keamanan tadi tidak berbohong atau asal ngomong. Setelah menyebutkan keperluan saya, pegawai yang saya temui pertama di ruangan itu lalu menunjuk ke arah seorang petugas lain yang sudah mulai bekerja di ruangan yang tidak jauh dari tempat saya berdiri. Saya lalu menemui petugas dimaksud dan mengatakan keperluan saya menemuinya. Tanpa nanyak bertanya, sang pegawai lalu mengambil berkas yang saya sodorkan. Setelah memeriksanya sejenak dia lalu ke sudut lain di ruang kerjanya untuk melakukan pencocokan data. Tak lama kemudian dia berbalik, lalu membubuhkan cap stempelnya di berkas saya, kemudian menanda tanganinya dan kemudian mengembalikannya kepada saya, selesai.

Secepat itu?

Rasanya saya tidak percaya dengan peristiwa yang baru saja saya alami. Rasanya tidak sampai lima menit saya berada di ruangan itu. Padahal saya sudah menyiapkan diri untuk mengurus surat pindah anak saya Rizqy untuk sehari penuh! Nyatanya saya hanya membutuhkan waktu tidak sampai satu jam, sejak saya berangkat dari rumah di Tomang. dan hanya sekitar 10 menit di lingkungan Kantor Wilayah Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi DKI Jakarta ini. Luar biasa!

Selesai urusan di Jakarta, saya langsung ke Ciledug, menuju Sekolah Dasar Negeri 8 Larangan Utara. Menemui kepala Sekolah yang sudah saya kenal, karena ini adalah kedatangan saya yang kedua kalinya menemui dia. Kedatangan pertama saat saya menanyakan kursi di kelas tiga untuk Rizqy. Ibu kepala sekolah yang sudah mendekati pensiun itu menerima berkas saya, lalu kemudian membuat surat pengantar untuk pengurusan di tingkat Kotamadya. Beliau juga mengatakan apakah akan dibantu mengurusnya atau akan mengurus sendiri. Saya lalu mengatakan akan mengurus sendiri, karena ingin tahu juga bagaimana “situasi” di Kota Tangerang ini!.

Setelah surat pengantar selesai dan diserahkan kepada saya, ibu kepala sekolah mengatakan kalau saya harus mengurusnya ke kantor Dinas Pendidikan Kotamadya Tangerang yang berada di gedung Cisadane, Tangerang kota. Setelah menerima berkas yang diserahkan ibu kepala sekolah, saya lalu minta izin pamit.

Dari Larangan saya lalu ke Ciledug, terus naik angkot ke Cikokol. Dari Cikokol pindah angkot yang melewati Pintu Air, Tangerang. Sampai di Pintu Air saya turun angkot, menyeberangi sungai Cisadane, lalu bertanya ke penduduk yang saya temui, menanyakan dimana letak gedung Cisadane. Setelah ditunjukkan, saya lalu berjalan sesuai arahan orang yang saya tanyai tadi. Rupanya lumayan jauh juga berjalan di bawah terik matahari pagi dan sedang melaksanakan puasa. Saya lihat di Google maps jalan yang akan saya tempuh rasanya tidak begitu jauh. Makanya saya tetapkan untuk terus berjalan kaki.

Setelah bertanya beberapa kali lagi, setelah berjalan sekitar setengah jam, akhirnya saya sampai di Gedung Cisadane, Tangerang. Ada beberapa instansi yang berkantor disana, termasuk Dinas Pendidikan Kotamadya Tangerang.

Masuk gedung Cisadane, saya lalu memperhatikan keadaan sekeliling ruangan beranda yang cukup luas. Masih pagi belum jam sembilan, belum semua pegawai yang datang. Saya melewati beranda dan masuk belok kiri melewati koridor yang cukup panjang sambil melihat tulisan yang terpampang di depan pintu setiap ruangan, sehingga akhirnya saya menemukan tempat yang saya cari, kantor Dinas Pendidikan Kodya Tangerang. Sebagaimana ruangan yang lainnya, disana juga terlihat belum semua pegawai yang masuk. Tapi saya melihat beberapa anak sekolah wanita berpakaian seragam yang sedang PKL membantu melayani para tamu yang berdatangan dengan urusannya masing-masing. Sayapun lalu mendekati salah seorang dari para pelajar yang memakai jaket almamater sebuah SMK di Tangerang tersebut, menanyakan dimana tempat mengurus surat pindah anak sekolah dasar. Sang siswi lalu menanyakan berkas yang saya bawa, setelah menyerahkan kepadanya dan memeriksa kelengkapannya, dia lalu memberi saya nomor antrian dan menyuruh saya menunggu hingga dipanggil nanti.

Menjelang jam 11 siang saya dipanggil, berkas saya sudah selesai. Sebelum berkas diserahkan ke tangan saya, saya disuruh memeriksanya lebih dulu dengan dibantu oleh siswi SMK yang sedang tugas praktek di sana. Setelah semua dijelaskan, saya lalu menyimpan berkas itu di tas, dan langsung pulang ke Ciledug. Esok harinya saya kembali ke Sekolah Dasar Larangan Utara 8, menemui ibu kepala sekolah dan menyerahkan semua berkas yang sudah di legalisir oleh Dinas Pendidikan Dasar Kodya Tangerang.

Tuntas sudah tugas saya menyelesaikan perpindahan sekolah anak saya Rizqy, dari Tomang ke Ciledug. Lalu berapa biaya yang harus saya keluarkan untuk mengurus perpindahan, yang harus mengunjungi sekian kantor pemerintah, dalam hal ini Kantor Dinas Pedidikan, baik yang di Jakarta, mulai tingkat kecamatan, kotamadya lalu tingkat Kantor Wilayah Propinsi DKI Jakarta, dan lalu berlanjut ke Sekolah Dasar Larangan 8 hingga ke Kantor Dinas Pedidikan tingkat Kotamadya Tangerang, Banten? Gratis!!!

Benar-benar gratis! Saya hanya mengeluarkan uang untuk biaya fotocopy, dan uang transpor naik angkutan umum selama saya mengurus ke beberapa tempat tersebut. Karena bulan puasa, sayapun tak mengeluarkan uang untuk jajan atau makan siang selama dalam pengurusan tersebut. Di Kantor Dinas Pendidikan Kecamatan Grogol Petamburan, saya malah sempat bertanya berapa biaya yang harus saya bayarkan, saat berkas saya telah selesai di proses dan diberikan kepada saya. Petugas disana dengan tegas mengatakan saya tidak perlu membayar, sehingga justru saya yang malu hati melihat kejujuran mereka, namun juga bangga karena Pemerintah DKI maupun Tangerang, Banten. Telah bekerja dengan baik sebagai abdi negara, yaitu melayani dan bukan minta dilayani.


49 Comments

  1. Luar biasa birokrasi di Jakarta sudah sebaik itu ya. Coba kalau di Cianjur… suami saya ada urusan saja sedikit sedikit diminta “partisipasinya”

    Apalagi kalau bukan amplop berisi uang..

    Semoga di daerah lain segera menyusul sebaik di Jkt. Amin…

    • Deeva sm

      Saya sedang mengalami proses pindah sekolah sd dari cianjur ke lombok,,tapi belum apa2 uang sudah keluar duluan..untuk biaya urus surat pindahnya ke bandung

      • Bintang

        Memang di urus sendiri atau dibantu pihak sekolah?? Memang untuk biaya pindah pada saat dimana dikenakan biaya?..bukankah gratis yah?

  2. Kehadiran Jokowi dan Ahok di Jakarta memang sangat dirasakan oleh masyarakat yang sering berurusan dengan pejabat daerah, mulai dari Kelurahan hingga ke kantor Gubernur. Boleh dikatakan semua bentuk pelayanan bisa didapatkan secara cuma-cuma tanpa harus merogoh kantong.

    Terimakasih telah singgah ananda

  3. Wah andai seluruh daerah memiliki pemimpin yang tegas, makin cepat besar negara kita. Boleh izin share?

  4. Pemimpin yang tegas, jujur memang impian kita semua.
    Silakan di share Bung Harisman

    Terimakasih telah berkunjung
    Salam

  5. Feri hartanto

    Tadinya agak frustasi soalnya mo ngurus proses pindah sekolah keponakan dari daerah ke jakarta setelah baca ini jadi positif deh

  6. Dewi fauzia

    Terima kasih infonya pak..dgn membaca ini saya jadi optimis mengurus sendiri rencana perpindahan sekolah anak saya.

  7. saya kenaikan kelas ini akan memindahkan anak saya (kls 1sd. dari sd di tangerang ke sd dki.. waktu itu bapak mulai mengurus kepindahan anaknya stelah kenaikan kelas atau bulan2 terakhir menuju kenaikan kelas.? trimakasih

  8. Feri Hartanto
    Semoga Anda juga mendapatkan pengalaman positif tersebut saat mengurus perpindahan sekolah keponakan Anda.

    Terimakasih sudah berkunjung
    Salam

  9. Dewi Fauzia
    Saya ikut mendoakan semoga semua berjalan lancar, seperti yang saya alami.

    Terimakasih sudah berkunjung
    Salam

  10. Kanza Maylaf
    Saya mulai mengurus kepindahan anak saya setelah dia menerima rapor kenaikan kelas. Sehingga semua berkas kelengkapan untuk pindah tidak ada lagi yang kurang, termasuk rapornya.

    Terimakasih telah berkunjung
    Salam

  11. begitu ya pak.waktu itu, bapak juga menyertakan berkas domisili kk dan akte anak sebagai persyaratan ? kalau iya, pakai kk jakarta atau sudah yang domisili di tangerang?.. trimakasih.

  12. Untuk pindah dari Jakarta, saya memang melampirkan KK. Tapi sewaktu mendaftar di Tangerang saya tidak melampirkan KK, karena memang tidak diminta oleh pihak Dinas. Saya hanya membawa surat pindah dari Dinas di Jakarta ke Dinas yang ada di Tangerang dan surat pengantar dari sekolah baru yang menyatakan ada bangku kosong buat anak saya dan mereka siap menerima kepindahan anak saya di sekolah mereka.

  13. Tantri

    Wah senangnya kalau rakyat bisa dilayani spt itu.
    Kami rencana pindah ke makassar, dan anak sy yg sma jg akan pindah sekolah.
    Smg bisa lancar spt bapak mengurus sekola Risqy

  14. MULYADI

    DiAN KELANA
    terima kasih atas infonya,saya juga berencana mau mengajukan pindahan sekolah SD anak saya dari cianjur kejakarta.mks pak

  15. masdin

    dua jempol buat pemerintah setempat, karena telah mendidik pejabatnya untuk bekerja secara ikhlas, pokoknya salut banget…
    saya juga berencana untuk mengurus surat pindah sekolah SD anak saya…
    sekali lagi terima kasih informasinya karena sangat bermanfaat

  16. masdin

    kalau untuk mendaftarkan sekolah SMP antar provinsi, apa saja persyaratan yang harus di urus, tolong bagi2 info’nya
    terima kasih banyak sebelumnya

  17. Minta tlong dong infonya ?aku mau ngurus pindah anakku dari jambi ke pemalang?ngurus pindahnya dari jambi dulu pa dari pemalang?

  18. Tlong dong infonya saya mau ngurus pindah sekolah anakku smp kls 2 ke kls 3 dari jambi kepemalang .ngurus pindahnya dari jambi apa dari pemalang.?

  19. Jenny novita sary

    Bisa bantu buat pindahan sekolah anak saya tidk ya pa

  20. Trima kasih atas info yg bermanfaat bagi saya yg mau merencanakan kedua anak saya untuk pindah sekolah….bapak memerlukan waktu berapa lama untuk mengurus sendiri

  21. Tantri. Saya doakan semoga perpindahan anaknya ke Makasar bisa berjalan lancar sebagaimana yang saya alami di Jakarta.

    Terimakasih telah singgah

    Salam

  22. Mulyadi. Saya doakan semoga berjalan lancar dan anaknya bisa menikmati suasana baru di sekolah yang baru di Jakarta.

    Terimakasih telah berkunjung

    Salam

  23. Masdin
    Hadirnya pemerintahan baru dengan Presiden Jokowi memang memperlihatkan perbaikan yang cukup nyata di masyarakat. Mudah-mudahan hal ini juga menjalar ke seluruh daerah.

    Saya tidak tahu pasti apakah persyaratannya berbeda. tapi saya rasa kalaupun ada, mungkin tidak begitu jauh. Tapi sebaiknya memang ditanyakan dulu ke dinas setempat.

  24. Sabar Surono:
    Seperti yang saya jalani, saya minta pindah dari Jakarta ke Tangerang. Pihak sekolah awal menyuruh saya mencari sekolah ke tempat anak saya pindah dan menanyakan apakah ada meja kosong buat anak saya disekolah tersebut. Kalau ada minta surat dari sekolah tujuan yang menerangkan bahwa mereka siap menerima kehadiran anak kita, karena ada meja kosong buat dia.
    Bawa surat keterangan dari sekolah tujuan ini ke sekolah awal, sebagai dasar bagi mereka mengeluarkan surat pindah buat anak kita, lalu ikuti petunjuk selanjutnya yang mereka berikan kepada kita.

  25. Jenny Novita Sari:
    Maaf ya ibu, saya tidak bisa membantu karena saya juga punya kesibukan dengan pekerjaan saya.

    Terimakasih telah berkunjung

    Salam

  26. Defi
    Saya membutuhkan 3 hari mulai dari sekolah awal, ke dinas kecamatan, kotamadya dan kanwil propinsi. Lalu 2 hari di sekolah tujuan dan ke dinas kotamadya.

  27. Terima kasih Pak sangat membantu.

  28. Yustine

    Mohon dibantu temen2.anak saya.mo pindah sekolah.dr tangerag banten ke medan.dimana alamat dinas yv harus saya kunjungi, krn bnyk alamat yg ditampilkan.ketika saya buka.MAP.Tx before

  29. Yustine

    Mohon info alamat dinas yg hrs dikunjungi untuk mengurus surat pindah sekolah dari tangerang benten ke medan.tx

  30. Arif.

    Terimakasih kembali. Terimakasih juga atas kunjungannya.

    Salam

  31. Yustine
    Kalau dinas yang di Tangerang ada di Gedung Cisadane, jalan Cisadane, Tangerang Kota. Karena perpindahannya antar propinsi, pengurusannya juga sampai ke Kanwil Kemendikbud Propinsi Banten.

    Untuk yang di Medan saya tidak tahu dimana alamat kantornya.

    Salam

  32. kalau Pindah mau ke Kelas 3 SMK Kira2 bisa tidak ya?

  33. Dila:
    Sebaiknya tanya dulu di sekolah tujuan, apakah mereka punya kursi kosong dan bisa menerima murid pindahan. Kalau mereka mengatakan bisa minta surat pernyataan dari mereka untuk diserahkan nanti ke sekolah awal dan juga dilampirkan saat pengurusan nanti di dinas masing-masing kota.Mudah-mudahan berhasil.

    Terimakasih atas kunjungannya

    Salam

  34. Berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk pindah sekolah dari dalam provinsi.dari smp sini ke situ tapi sama daerahnya jakarta timur ke timur.berapa biayanya

  35. Tolong dong infonya

  36. Ichsan:
    Seperti yang saya tulis dan alami, saya tidak mengeluarkan uang sama sekali, kecuali hanya untuk biaya foto copy kelengkapan surat di tempat foto copy dan ongkos transport saya, karena saya naik kendaraan umum sebab saya tidak mempunyai kendaraan pribadi.

  37. Haryati

    Kalo dari Bali kejakarta,apakah sama cara mengurusnya.trima kasih

  38. yanah kusumawati

    Untuk perpindahan SD-SMP sekarang sudah tidak di gedung cisadane pak, tapi di kantor walikota tangerang, disana jg sudah tertulis “gratis”.
    Kalo untuk SMA/SMK langsung ke tingkat propinsi ketika saya bertanya.
    Saya mengurus sendiri pindah sekolah anak saya kelas 5 SD pada semester genap januari 2017 kemarin.
    Dari kota tangerang ke kabupaten bekasi.

  39. Haryati:
    Karena sistemnya sudah berlaku nasional, saya kira akan sama. Yang penting sebelum minta surat pindah dari sekolah lama, pastikan anak kita bisa diterima di sekolah baru dengan meminta surat pernyataan dari sekolah yang dituju, dan surat tersebut harus diserahkan ke sekolah yang lama. Sebab Sekolah lama tidak akan bisa mengeluarkan surat pindah, karena dalam surat pindah itu harus dituliskan nama dan alamat sekolah yang baru.

  40. Yanah Kusumawati:
    Benar, kantor dinas pendidikan Kodya Tangerang kini telah menyatu di kantor Walikota Tangerang di jalan Satria Sudirman, Lantai 3. Saya tadi pagi juga baru kembali dari sana mengambil surat pindah anak saya yang pindah lagi dari Kunciran ke Rajeg.

  41. Faudy

    Emang dari dulu udah gratis bpk… bukan jaman jokowi aja… jaman sby juga sama gratis… klou di bantu ama guru pasti mi ta uang jln… dulu anak saya pidahan dari jkt kebekasi urus sendiri gratis kok.. akir tahun 2012 sekarang pidah lagi dari bekasi ke jkt… bayar karna saya ada kesibukan makanya saya minta bantu urus ama guru nya… skli jln 200 ribu… karna tujuan sekolah pertama jakarta pusat ngak jadi akir nya ke jaktim sehingga saya harus bayar lagi 200ribu…terimakasih

  42. Anak sy dr smp jakarta ke cileungsi bogor kls 7 pindah ke kks 8 hrs mengeluarkan 3,5 7jt rupiah…. Berasa bnget du di jkt srba gratis

  43. Maaf tiga setengah juta

  44. Faudy:

    Saya tidak menyebutkan dan tidak juga membandingkan antara Jokowi dan SBY, saya hanya menceritakan proses yang saya jalani saat perpindahan sekolah anak saya dari Jakarta ke Tangerang. Tapi kalau Anda mengalaminya pada zaman SBY tentu juga ngga masalah.

    Terimakasih telah berkunjung

    Salam

  45. Sara:

    Kita memang tidak bisa menghindari hal ini, tapi untuk menyiasatinya mungkin bisa dengan berbicara langsung dengan pihak sekolah.

    Terimakasih telah berkunjung

    Salam

  46. santy suwono

    Sekedar berbagi saja utk kepindahan sekolah tingkat SD-SMP kepengurusan hanya sampai tingkat dinas kota/kabupaten sedangkan tingkat SMA/SMK prosedurnya surat pindah langsung diurus di tingkat propinsi…ini pengalaman sy memindahkan anak saya klas 10 SMA dan anak sy klas 5 SD bln juli ini dari semarang ke tangerang….

  47. saya juga berniat untuk mengurus pindah sekolah adik saya, anehnya waktu mau minta surat ket pindah dr sekolah asal dimintai biaya yg lumayan, alasannya masih blm jelas karena sebelumnya ayah sy yg mengurus. kalo untuk biaya spp , spp adik sy sdh dibayarkan semua. bisa begitu ya pak

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *