Menikmati Pameran Koleksi Filateli Christie Damayanti

Christie Damayanti, Kompasianer yang juga punya hobby filateli. Saat ini tengah memamerkan koleksi perangkonya di Mall Central Park, Jakarta Barat.

Tema pameran Cristie saat ini adalah “Gallery of Animals”. Ribuan koleksi perangko Christie yang berasal dari 150 negara dan lebih dari 140 jenis hewan tersebut terpampang rapi di pameran koleksi Christie yang ke 7 ini. Perangko-perangko yang di pamerkan ini, sudah berusia puluhan tahun. Terhitung sejak Christie mulai mengoleksinya sewaktu masih belajar di Sekolah Dasar.

Saat menyaksikan perangko-perangko yang berasal dari berbagai belahan dunia ini, saya begitu kagum akan ketelatenan Christie dalam merawat koleksinya. Kita akan tercengang begitu banyaknya jenis hewan yang bisa kita saksikan pada selembar perangko. Imajinasi kitapun akan berkembang, membayangkan bagaimana para hewan tersebut hidup di habitatnya masing-masing di hutan raya, gunung, laut, maupun padang pasir yang tandus seperti yang terdapat di benua Afrika sana.

Pengetahuan kita juga bertambah dengan dijelaskannya bagaimana hewan-hewan yang ada didalam perangko itu hidup dan berkembang di habitat aslinya. Dengan dukungan gambar-gambar yang lebih besar dari yang ada diperangkonya.

Selain perangko, kita juga  bisa menyaksikan koleksi kartupos maupun foto-foto orang-orang terkenal di dunia yang berhubungan dengan Christie melalui surat menyurat. Hanya saja koleksi ini tidak di pajang sebagaimana perangko, tapi tersimpan rapi pada sebuah album yang bisa dilihat pengunjung di meja pameran. Kita bisa melihat kartupos dengan gambar Lady Diana, serta Lee Mayoors, si pemeran film detektif 007, juga presiden, perdana menteri, raja dan orang-orang terkenal dunia lainnya.

Di hari pertama pameran dibuka untuk umum, juga diadakan bincang-bincang bersama Iskandar Zulkarnaen, pengelola Kompasiana, dengan topik “Bagaimana rasanya mendapat balasan surat dari orang-orang terkenal dunia?” Bincang-bincang yang semakin meriah karena mendapat sabutan dari audiens yang juga diselingi dengan tanya jawab yang berhubungan dengan dunia maya, serta berbagi pengalamannya bagaimana kisah Christie Damayanti yang telah mengirim surat ke lebih dari 500 orang terkenal dunia, dan mendapat balasan dari 88 orang diantaranya.

Berbicara mengenai Filateli atau perangko, mungkin lebih banyak kisah yang kita dapatkan pada mereka yang telah berusia di atas tigapuluhan tahun. Karena mereka itulah yang masih menikmati bagaimana haru birunya atau serunya mengirim dan menunggu balasan sebuah surat yang dikirim melalui kantor pos. Ada yang harus menunggu, berhari-hari, berminggu atau berbulan-bulan. Begitu terdengar pak pos datang, rasanya tidak sabar untuk mengetahui isi surat yang ditulis oleh si pengirim. Apalagi bagi mereka yang masih muda dan tengah kasmaran menjalin cinta jarak jauh, setiap surat yang datang, terasa bagaikan bintang yang jatuh dari langit.

Tidak percaya? Cobalah tanya pada orang-orang tua Anda atau yang berada disekitar Anda.

 

 

Valentino Saat membuka Talkshow
Valentino Saat membuka sesi bincang-bincang bersama Iskandar Zulkarnaen pengelola Kompasiana

 

Iskandar Zulkarnaen saat talkshow di pameran Filateli Christy Damayanti
Iskandar Zulkarnaen saat bincang-bincang di pameran Filateli Christie Damayanti

 

IMG_1674a
Bingkisan dari Christie untuk Iskandar Zulkarnaen.
Christie di depan koleksi filatelinya (Foto: Christie Damayanti)
Christie di depan koleksi filatelinya (Foto: Christie Damayanti)

 

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.