Selamat Datang di Indonesia Firefox Quantum dan Firefox Rocket

 

Kemarin, 14 November 2017. Dunia maya Indonesia kedatangan tamu yang sudah tidak asing lagi.  Mozilla, pelopor dan penyokong Open Web, resmi memperkenalkan dan meluncurkan Firefox Quantum, browser baru yang menggunakan mesin web generasi berikutnya dari Mozilla. Bersiaplah untuk mendapat pengalaman dari browser Firefox yang telah dimodernisasi dan disesuaikan ini, dan rasakan perubahan besar yang dilakukan Mozilla untuk produk ini. Mari mencoba menikmati performa browsing yang lebih baik dengan Firefox Quantum.

Oktober tahun lalu, Mozilla mengumumkan ‘Project Quantum’ untuk membangun mesin web generasi berikutnya. Setelah lebih dari satu tahun pengembangan dan memperbaiki hampir 500 bug yang mempengaruhi kinerja, para ahli Mozilla melakukan beberapa perbaikan besar pada Firefox dan menjadikannya lebih baik dari sebelumnya. Misalnya, “Quantum Compositor” telah mengurangi crash browser sekitar 10% dan fitur pengubah permainan seperti WebAssembly dan WebVR memungkinkan untuk mendapatkan kinerja super cepat dan hampir seperti aslinya untuk aplikasi web di desktop dan headset VR.

 

Tampilan halaman muka Mozilla Firefox Quantum

 

Beberapa minggu yang lalu Mozilla mengumumkan versi Beta untuk Firefox Quantum. Dibandingkan dengan Firefox enam bulan yang lalu, Firefox Quantum 2X lebih cepat berdasarkan benchmark Speedometer 2.0. F irefox baru juga menyeimbangkan penggunaan memori dengan 30% lebih sedikit daripada Chrome. Selain peningkatan masif pada kinerja secara keseluruhan, kami juga berfokus untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik. Dengan ‘Tracking Protection’ dalam mode browsing private, kami mencapai 67.5 % penurunan dalam jumlah cookie set HTTP selama crawl 200 top situs berita Alexa.

Karena Firefox tidak mendownload dan membuat konten dari pelacakan domain, ‘Tracking Protection/ Perlindungan Pelacakan’ juga memiliki kinerja pengurangan median 44% pada waktu buka halaman dan pengurangan 39% penggunaan data di situs yang sama. Selain itu, sejumlah komponen Quantum ditulis dalam bahasa Q sebuah bahasa yang dirancang khusus untuk memastikan perlindungan terhadap beberapa jenis kerentanan keamanan besar.

Untuk mencerminkan keseluruhan peningkatan, Mozilla juga telah menyegarkan dan mendesain ulang antarmuka pengguna Firefox melalui proyek Photon untuk menyediakan alur desain yang cepat, lancar dan lebih cerdas. Desain minimalis yang baru memperkenalkan tab persegi, animasi halus, dan Library/Peipustakaan, yang menyediakan akses cepat ke item tersimpan milik Anda: bookmark, Pocket List, history, downloads, tabs, dan screenshot.

 

Firefox Rocket Khusus untuk Pengguna Indonesia.

Penggunaan intemet berkembang lebih cepat di Asia Tenggara dibandingkan wilayah lain di dunia dan Indonesia adalah negara ke-5 terbesar di dunia untuk jumlah pengguna Internet. Selain itu, Indonesia adalah negara mobile first yang hampir 70% populasinya mengakses Intemet menggunakan perangkat mobile, dibandingkan 28% untuk penggunaan laptop dan desktop. Hal ini membuat Indonesia menjadi pasar Internet yang penting di dunia.

Dari riset pengguna internal yang dilakukan oleh Mozilla, kami menemukan sekitar 40% pengguna muda Indonesia tidak puas dengan browser mobile default mereka karena kecepatannya yang lambat. Mengingat hal ini, Mozilla mengembangkan Firefox Rocket, browser Android cepat dan ringan yang disesuaikan untuk pengguna Indonesia.

Dengan browser cepat dan ringan, pengguna bisa menghemat data dan penyimpanan pada ponsel. Selain itu, kita juga bisa mengambil berbagi konten dan browsing dengan cepat, bahkan dengan koneksi yang lambat. Ukuran APK Firefox Rocket lebih kecil dari 2.39MB, terkecil di antara browser utama. Ini akan memberi Anda waktu download aplikasi tercepat. Anda tidak hanya bisa mendownload Firefox Rocket dengan sangat cepat, Firefox Rocket juga memungkinkan Anda untuk meluncurkan aplikasi hanya dalam waktu sekitar 1 detik, kecepatan peluncuran aplikasi tercepat dibandingkan pemain utama lainnya.

Beberapa fitur utama Firefox Rocket antara lain Turbo Mode, Screenshot, Clear Cache, Storage Control, dan Block Images. Pengguna bisa melakukan browsing lebih cepat dengan Turbo Mode yang memblokir iklan untuk menyimpan data. Jika Anda ingin lebih hemat lagi, Anda dapat dengan mudah memblok loading gambar (Block Images) dan menggunakan fitur Screenshot untuk mengakses konten secara offline. Dengan Storage Control, Anda dapat menyimpan unduhan ke SD card dan mengosongkan penyimpanan ponsel dengan mudah dan menggunakan fitur Clear Cache untuk lebih banyak mengosongkan penyimpanan ponsel. Anda dapat mengakses konten lebih cepat.

Firefox Rocket kini tersedia sekarang (hanya di Indonesia)  bergandengan dengan Firefox Quantum yang dirilis kemarin (14 November). Mozilla dengan senang hati mengundang Anda untuk menikmati perubahan besar yang telah kami buat dan mendapatkan pengalaman browsing internet yang tidak pemah ada sebelumnya. Sayangnya saya tidak bisa menikmati Firefox Rocket ini, karena HP Android saya kena copet bulan kemarin. Untuk saat ini saya terpaksa memakai Windows Phone yang tidak disupport pengembangannya oleh Mozilla.

Tentang Mozilla

Mozilla adalah pelopor dan penyokong Open Web selama lebih dari 15 tahun. Kami menciptakan dan mendukung standar terbuka yang memungkinkan inovasi serta pengembangan Web sebagai satu platform untuk semua. Saat ini, ratusan juta orang di seluruh dunia menggunakan Mozilla Firefox untuk mendapatkan pengalaman dari Web di komputer, tablet, dan perangkat seluler lainnya. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.mozil1a.org.

 


Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *